Apa yang Perlu Kamu Lakukan ketika Mobil Overheat?

Apa Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mobil Overheat

Ganti oli sudah dilakukan secara rutin. Komponen mobil yang lain juga tidak pernah luput untuk dicek kondisinya. Akan tetapi, kenapa mobil overheat masih sering terjadi?

Terkadang, mobil yang mengalami overheat pun tidak menunjukkan tanda-tanda. Tentu saja kamu tidak bisa langsung memperbaikinya, kan? Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa melakukan beberapa hal di bawah ini ketika mobil yang kamu gunakan mengalami overhat secara tiba-tiba.

Apa Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mobil Overheat

Mesin Harus Dimatikan Dulu

Ketika overheat mesin mobil dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, hal itu tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan kondisi mesin. Akan lebih baik bila kamu segera mematikan mesinnya terlebih dahulu.

Ketika sedang berkendara dan mobil mengalami overheat, segera arahkan mobil menuju tepi jalan. Kemudian, matikan mesin dan segera keluar dari mobil.

Kap Mesin Perlu Dibuka

Setelah memastikan mesin mobil sudah kamu matikan, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu membuka kap mesin. Hal itu perlu kamu lakukan agar suhu panas yang terperangkap bisa segera keluar.

Salah satu hal yang perlu kamu ingat adalah untuk berhati-hati ketika membuka kap mesin mobil. Suhu panas yang menyebabkan mesin mobil mengalami overheat juga berpengaruh pada tuas pembuka kap mobil. Bila tak hati-hati, tanganmu bisa saja terluka.

Tutup Radiator Jangan Kamu Buka

Karena sedang mengalami overheat, komponen radiator pun ikut terdampak. Jangan sampai kamu membuka tutup radiator karena akan melukai dirimu sendiri. Selain itu, radiator juga akan semakin cepat rusak bila dibuka ketika mobil mengalami overheat.

Setelah melakukan beberapa tips yang sudah disebutkan, akan lebih bijak jika kamu meminta pertolongan kepada seseorang yang lebih paham. Kamu bisa menghubungi bengkel langgananmu agar pekerjanya bisa membantu untuk menyelesaikan masalah overheat yang diderita oleh mobil yang kamu punya.

Dengan memanggil tenaga profesional, kamu juga menjadi lebih bisa menghemat waktu dan menghemat energi. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal yang justru membahayakan dirimu sendiri atau beberapa hal yang bisa membuat mesin mobil menjadi lebih cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *