May 19, 2024

Jamur kaca mobil biasanya sering timbul karena pergantian musim yang ekstrim. Misalkan saat peralihan musim panas ke musim penghujan. Mobil yang sering terkena panas, kemudian diguyur air hujan secara terus menerus dapat memicu munculnya jamur di bagian kaca mobil.

Adanya jamur atau kotoran lain yang menempel pada kaca mobil, tentu sangat membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, jika tidak segera dibersihkan maka, jamur akan semakin banyak berkembang dan menempel pada kaca mobil.

Nah, otoklix sebagai portal berita yang menyajikan tips dan informasi seputar dunia otomotif, kali ini akan membantu Anda bagaimana cara membersihkan jamur kaca mobil. Untuk tips-tips lainnya Anda juga bisa kunjungi www.otoklix.com.

Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kaca mobil berjamur. Anda harus segera membersihkan jamur kaca mobil agar tidak berkembang dan tumbuh semakin banyak di area kaca yang lain. Berikut tiga faktor yang menyebabkan jamur di kaca mobil

1. Sisa Air Hujan

Saat mobil terkena hujan, biasanya masih ada sisa-sisa air hujan yang masih menempel pada bagian kaca. Jika tidak segera dibersihkan, dan terkena sinar matahari. Maka, hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jamur di bagian kaca.

2. Air Kurang Berkualitas

Faktor kedua yang menjadi penyebab munculnya jamur di kaca mobil yaitu adalah penggunaan air yang kurang berkualitas. Beberapa jenis air seperti air garam atau air yang mengandung zat kapur yang cukup tinggi dapat menjadi pemicu munculnya jamur di kaca mobil.

3. Pengeringan yang Tidak Maksimal

Terakhir, jamur di kaca mobil bisa disebabkan karena proses pengeringan yang tidak maksimal. Biasanya setelah mencuci mobil, maka Anda akan mulai mengeringkan seluruh body mobil termasuk kaca dengan lap kering.

Namun, jika proses ini dilakukan dengan tidak maksimal dan masih ada sisa air di bagian kaca. Maka, hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jamur.

Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil

Setelah mengetahui informasi tentang beberapa faktor penyebab munculnya jamur di kaca mobil. Maka, Anda harus segera membersihkan dan merawat kaca mobil, agar lebih awet dan terhindar dari jamur. Berikut beberapa cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri.

1. Bersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Baking Soda

Siapa sangka bubuk putih yang berbentuk kristal atau yang sering disebut sebagai baking powder sangat efektif untuk menghilangkan jamur di kaca mobil. Cara alami ini tidak hanya membersihkan jamur di kaca mobil, namun mencegah jamur untuk tumbuh di area kaca mobil.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan baking soda dengan air, lalu semprotkan di bagian kaca mobil. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering yang bersih. Menggunakan baking soda untuk membersihkan jamur kaca mobil adalah hal yang sering dilakukan karena sangat praktis dan efisien.

2. Bersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Pasta Gigi

Cara membersihkan jamur kaca mobil selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan campuran pasta gigi. Zat yang terdapat dalam pasta gigi terbukti ampuh untuk menghilangkan jamur di bagian kaca mobil.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda bisa oleskan pasta gigi pada area yang terkena jamur di kaca mobil. Diamkan beberapa saat, sampai mengering lalu gosok secara perlahan menggunakan sikat atau kain lembut. Terakhir, bilas dan keringkan menggunakan air dan lap yang bersih.

3. Bersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Cairan Pemutih Pakaian

Tidak hanya ampuh untuk membersihkan noda di pakaian,  cairan pemutih pakaian juga ampuh untuk membersihkan jamur yang ada di kaca mobil. Selain itu, cara membersihkannya cukup mudah, Anda hanya perlu membasahi kain yang bersih dengan cairan pemutih pakaian.

Lalu gosok secara perlahan pada bagian kaca yang terkena jamur. Penting untuk diketahui, jangan menggosok kaca mobil terlalu keras. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan kaca mobil tergores serta meninggalkan bekas baret pada kaca.

4. Bersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Cuka Apel

Cara lain untuk membersihkan jamur kaca mobil adalah dengan cuka apel. Caranya, Anda bisa mencampurkan sekitar 3 sendok makan cuka apel ke dalam satu liter air bersih.

Aduk hingga merata, lalu celupkan lap kain kering yang bersih. Selanjutnya, Anda bisa menggosokkan kain tersebut pada area kaca yang terdapat jamur. Gosok secara perlahan, dan keringkan dengan lap kain kering yang bersih.

5. Bersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Tembakau

Cara terakhir, Anda bisa gunakan tembakau untuk membersihkan jamur di kaca mobil. Pertama, rendam tembakau kering secukupnya dengan air bersih sekitar 15 menit. Sambil menunggu, Anda bisa bersihkan area kaca dengan air bersih terlebih dahulu.

Selanjutnya siramkan air rendaman tembakau ke area kaca yang terkena jamur, ulangi beberapa kali sampai jamur hilang dengan bersih. Terakhir bilas menggunakan air bersih, dan jangan lupa untuk mengeringkannya.

Itulah sekilas pembahasan tentang cara membersihkan jamur kaca mobil. Anda bisa mencoba semua cara alami tersebut untuk mendapatkan kaca mobil yang bersih dan cemerlang, bebas jamur. Namun, bila Anda tak mau repot atau tak punya banyak waktu untuk membersihkannya sendiri, Anda bisa bawa mobil Anda ke cuci mobil terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *