May 19, 2024
Mars Mimpi Ananda Raih Semesta

Jika sedang mencari tontonan yang bisa ditonton bersama keluarga, film Indonesia yang berjudul Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta cocok jadi salah satu film yang bisa ditonton di akhir pekan. Film karya dari Sahrul Gibran ini menyajikan tema pendidikan dan pesan moral yang sangat mendalam. Pengambilan alur dari cerita ini diadaptasi dari sebuah novel karya Aishworo Ang dengan judul yang sama. Cocok sebagai pelengkap libur santai di akhir minggu bersama keluarga. Ceria dimulai dari perjuangan seorang gadis bernama Ananda, yang hidup di pelosok kaki gunung Kidul, Jogjakarta dan kisahnya dalam meraih impiannya. Bisa dibilang mimpi Ananda ini tidak tanggung-tanggung, Ananda bermimpi untuk bisa menginjakkan kakinya di luar angkasa, di planet urutan keempat dari tata surya yaitu Mars, menarik bukan?

Film ini sebenarnya sudah rilis pada 4 Mei 2016 silam dimana banyak institusi yang mendukung baik pemerintah maupun swasta seperti Kemendikbud, Kemenpora, Telkom Indonesia, BNI, Tahir Foundation, dan Dua Kelinci. Pemeran utama dari film ini pun aktris papan atas yaitu Kinaryosih dan Acha Septriasa. Lalu, apa saja rangkuman pesan moral dalam film ini?

Mars Mimpi Ananda Raih Semesta

Mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus maju

Kinaryosih yang berperan sebagai Tupon, seorang tuna aksara yang memiliki cita-cita agar anak semata wayangnya bisa mencapai “Lintang Lantip” atau “bintang cemerlang” yang disini artinya adalah Planet Mars. walaupun Tupon ini memiliki keterbatasan, namun hal ini tidak membuatnya gentar dan pantang menyerah. Tupon dan anaknya sendiri tinggal disebuah desa yang terpencil dan jauh sekali dari kata modern. Di desa ini akan ditemui banyak warganya yang buta huruf, melakukan pernikahan dini dan kebanyakan anak-anak lebih memilih menggembala sapi daripada duduk dibangku sekolah. Melawan arus dari kehidupan desa pada umumnya, Tupon dan anak semata wayangnya yang bernama Sekar akhirnya berani keluar dari zona tersebut. Sampai dimana akhirnya perjuangan tersebut tidak sia-sia, akhirnya Sekar bisa berkuliah di salah satu universitas negeri di Bandung dan mengenyam program magister di universitas bergengsi yaitu Oxford dengan fokus astronomi di Inggris.

Ibu akan mengorbankan apapun demi anaknya

Tupon, yang tidak kenal lelah menyekolahkan Sekar hingga akhirnya bisa mengenyam pendidiikan tinggi walaupun sudah ditinggal suaminya ketika Sekar masih kanak-kanak tidak menggentarkan langkahnya untuk tetap teguh pada pendiriannya. Apapun dia lakukan untuk menyokong hidup dan pendidikan dari anaknya. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa ibu adalah salah seorang yang sangat berjasa bagi hidup anak-anaknya.

Film yang mengajarkan nilai kebaikan ini sangat sayang sekali apabila dilewatkan. Tonton Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta hanya di VIU yang bisa diunduh di ponsel pintar kamu. Selain itu, banyak tontonan seru untuk keluarga lainnya juga di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *