Cara Perawatan Veneer Agar Dapat Tahan Lama

Memasang veneer atau lapisan pada gigi dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan penampilan mulut yang lebih bersih serta rapi. Cara ini terbilang sangat praktis dan mudah karena sekarang Anda dapat menemukan tempat veneer gigi Jogja atau di daerah lainnya dengan cukup mudah. Hal ini dapat terjadi karena semakin banyak orang yang mulai peduli dengan penampilan giginya.

Namun, hal yang perlu diketahui adalah pemasangan lapisan tersebut bisa bertahan lama atau tidak tergantung dari penggunanya. Apabila merawat dengan baik, tentunya lapisan ini dapat bertahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan agar veneer bertahan dalam waktu lama.

Cara Merawat Veneer Agar Tahan Lama

1. Rajin Disikat

Pemasangan lapisan memang bisa membuat tampilan gigi menjadi putih cemerlang, namun untuk mempertahankannya, Anda juga wajib rajin menyikat. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kualitas lapisan pada permukaan gigi. Selain itu, orang yang jarang membersihkan giginya juga berpotensi untuk mendapatkan banyak masalah lainnya.

Pada saat menyikat, Anda juga harus melakukan dengan tepat dan juga benar. Sikatlah dengan gerakan melingkar perlahan-lahan. Hindari untuk menyikat terlalu keras karena bisa menimbulkan kerusakan pada veneer. Pilih juga jenis sikat dengan bulu halus agar tidak memberikan tekanan terlalu berat pada lapisan saat sedang menyikat.

2. Kumur-Kumur Menggunakan Mouthwash

Perawatan berikutnya yang bisa dilakukan adalah rajin kumur-kumur menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pembersihan sisa-sisa makanan di bagian permukaan. Selain itu, penggunaan mouthwash secara rutin juga dapat membantu melawan berbagai macam bakteri mulut dan menyegarkan napas Anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan penggunaan mouthwash sesuai dengan dosisnya. Apabila sampai menggunakannya dalam jumlah berlebihan, maka malah dapat menimbulkan berbagai macam dampak buruk pada mulut.

3. Flossing

Untuk memastikan kondisi mulut terhindar dari noda dan benar-benar bersih, Anda dapat menggunakan flossing. Flossing merupakan suatu teknik membersihkan gigi dengan bantuan benang. Menggunakan cara ini bisa membantu Anda membersihkan rongga mulut serta sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat.

Lakukanlah flossing ini setelah Anda selesai menyikat gigi. Pastikan pada saat menggesekkan benang dilakukan dengan perlahan-lahan. Hal itu bertujuan agar benang tidak terkena bagian gusi. Apabila gesekan terlalu keras ditakutkan dapat membuat gusi terluka.

4. Hindari Makanan Tekstur Lengket dan Keras

Cara perawatan veneer berikutnya adalah dengan menghindari makan makanan dengan tekstur lengket dan juga keras. Hal ini sangat penting dilakukan karena makan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Jadi, diperlukan perhatian lebih terutama terhadap apa saja yang Anda makan. Makanan dengan tekstur tersebut dapat membuat lapisan menjadi pecah atau rusak.

Apabila tetap ingin mengonsumsi sayuran atau buah dengan tekstur keras seperti wortel, brokoli, dan juga apel, maka Anda dapat kukus terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Dengan mengukus, tekstur dari makanan akan menjadi lebih lunak. Anda juga dapat memotongnya menjadi bagian lebih kecil agar memudahkan pada saat mengunyah makanan.

Menjaga kondisi veneer adalah hal penting yang wajib dilakukan. Dengan konsisten melakukan hal-hal di atas, veneer pastinya dapat bertahan dalam waktu lama. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat veneer gigi Jogja yang sudah teruji kualitasnya, maka Opal Dental adalah pilihan tepat. Selain pemasangan veneer, di sana juga terdapat berbagai macam perawatan lainnya yang bisa dipilih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.