June 22, 2024

Di era digital dengan kemajuan teknologi seperti saat ini dapat mempermudah segala aktivitas, contohnya bertransaksi secara online. Untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online, diperlukan sertifikat elektronik guna memvalidasi kegiatan transaksi di dunia maya sehingga lebih terjamin keamanannya.

Bukan sertifikat biasa, karena kekuatan dari teknologi ini dapat menjamin keaslian identitas serta dapat digunakan sebagai alat bukti elektronik. Tak hanya itu, bahkan alat bukti elektronik ini juga memiliki kekuatan hukum yang terbilang cukup tinggi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa yang Dimaksud dari Sertifikat Elektronik?

Apa itu sertifikat elektronik? Yaitu merupakan tanda tangan elektronik serta identitas yang dapat memperlihatkan status subjek hukum dari para pihak bersangkutan dalam Transaksi Elektronik. Singkatnya, dapat berguna untuk validasi dan juga otentikasi para pihak yang namanya tercantum pada dokumen elektronik tersebut.

Ketika seseorang membubuhkan tanda tangannya secara elektronik, dimana umumnya berbentuk tulisan atau QR code, maka dokumen tersebut dapat merekam tanda tangan serta informasi lain yang tertera di dalamnya. Contohnya identitas pihak yang bersangkutan, waktu, dan lain sebagainya.

Umumnya dokumen digital ini juga dilengkapi dengan masa berlaku atau masa aktif, sehingga ketika masa berlakunya habis maka harus meminta sertifikat baru agar dapat digunakan dan tetap valid.

Apa Saja Isinya?

Setelah mengetahui penjelasannya, berikut penjelasan dari isi sertifikat digital secara umum.

  • Masa berlaku atau masa aktif.
  • Informasi terkait pengguna, contohnya nama lengkap serta alamat e-mail.
  • Kunci publik pengguna.
  • Informasi terkait penerbit dari sertifikat tersebut atau issuer.
  • Tanda tangan elektronik dari pihak issuer, yang digunakan sebagai bukti keaslian antara informasi pengguna dan juga kunci publik pengguna.

Apa Kegunaannya?

Terdapat beberapa kegunaan dari dokumen digital ini, diantaranya :

Tanda Tangan Digital

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kegunaan utama dari sertifikat ini adalah sebagai penjamin jika tanda tangan dari pengguna tersebut memang benar asli. Selain itu juga digunakan untuk memastikan jika pesan atau informasi yang ada telah disampaikan secara utuh.

Enkripsi

Selain itu terdapat kegunaan enkripsi atau menyamarkan suatu informasi agar tidak diketahui oleh pihak luar.

Privasi

Dokumen digital ini juga mampu memastikan jika data dan informasi lain yang tertera hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah diberi wewenang.

Otentikasi

Kegunaan terakhir adalah sebagai bahan otentikasi agar bisa memverifikasi identitas dari pengguna.

Sertifikat elektronik menjadi salah satu langkah tepat guna menjamin keamanan dalam bertransaksi elektronik. Selain itu dokumen digital ini terbilang lebih praktis, karena tidak perlu repot membawa banyak materiil untuk melakukan tanda tangan digital.

Selain itu dokumen penting ini juga dapat memberikan jaminan otentikasi data, pasalnya sertifikat ini mampu menunjukkan siapa pemilik atau pengguna di dalam dokumen tersebut. Verihubs merupakan perusahaan berbasis Saas atau Software-as-a-service, dimana bergerak menyediakan solusi untuk keamanan bisnis digital perusahaan Indonesia. Percayakan pada Verihubs, untuk keamanan data yang lebih terjaga dan operasional perusahaan lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *